Share and Enjoy !

Oke, kali ini kita akan membahas anime yang agak lawas. Akhir-akhir ini saya memang lagi menyukai nonton anime misteri dan romance. Bukan Hyouka yang nggak ada genre romance, tapi anime ini adalah Kokoro Connect

Anime ini diadaptasi dari LN dengan judul yang sama dan tayang saat summer 2013 lalu. Sejak artikel ini ditulis, anime ini sudah berumur 8 tahun lamanya. Berikut adalah review saya terhadap anime ini.

Sinopsis

Bercerita tentang lima siswa di Akademi Yamaboshi yang menyadari bahwa mereka tidak cocok berada di klub manapun. Mereka memutuskan untuk mendirikan klub yang bernama Klub Peneliti Budaya.

Kehidupan klub normal mereka berubah sampai suatu hari terjadi fenomena supranatural yang menyebabkan jiwa anggota klub bertukar satu sama lain secara acak. Mereka dituntut untuk menjadi lebih dekat, mengetahui satu sama lain, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pertemanan mereka. 

Cerita Yang Unik

Pada awalnya, saya sempat berpikir bahwa anime ini adalah anime school romance pada umumnya. Namun saya salah, episode pertama saja sudah cukup membuat saya memutuskan untuk menonton anime ini sampai tamat.

Pada awalnya, bagian bertukar tubuh memang membuat kebanyakan orang bingung saat berusaha mengenal setiap karakternya. Saya berpikiran bahwa jika konflik yang disediakan di cerita ini hanyalah pertukaran tubuh saja, pasti akan membosankan menonton total 13 episode.

Tetapi ternyata, konflik di anime ini bukan hanya pertukaran tubuh saja, tetapi banyak konflik lainnya yang menyangkut hubungan pertemanan mereka.

Pengembangan Karakter

Konflik yang disediakan di cerita ini membuat setiap karakternya dipaksa untuk terbuka satu sama lain, yang mana ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan karakter.

Kita dapat melihat sisi terdalam, perasaan yang sesungguhnya, sampai masa lalu yang kelam dari setiap karakternya. Fenomena-fenomena ini membuat mereka menerima satu sama lain apa adanya dan membantu menyelesaikan konflik bersama.

Heartseed, dalang yang menyebabkan fenomena aneh yang dialami mereka. Yang saya suka dan membuat saya tertarik adalah Heartseed yang sering merasuki guru nasihat klub mereka, Gotou Ryuuzen untuk berbicara dengan kelima siswa ini.

Visual Yang Tidak Mati

Maksud dari visual yang tidak mati adalah anime ini masih layak ditonton walaupun sudah berumur delapan tahun. Animasi moe yang disajikan membuat anime ini terkesan tidak seperti anime slice of life biasanya. Fenomena-fenomena yang terjadi membuat anime ini terkesan serius.

Namun walaupun begitu, kesan serius ini tidak sepenuhnya serius. Unsur slice of life ini berperan sangat baik dalam menyeimbangkan keseriusan dengan ketenangan.

Kesimpulan dan Rating

Anime ini menjadi salah satu list dalam jajaran 10 anime terbaik menurut saya dengan nilai 8,5/10. Selain karakter Inaban, nilai jual dari anime ini memang berada pada cerita dan perkembangan karakternya yang bagus dan terstruktur.

Bagi kalian para penggemar anime yang menyukai genre romance, school, dan juga drama saya merekomendasikan anime ini kepada kalian.

Informan: Radtyn

Sumber: MyAnimeList

 Oh ya jangan lupa ya untuk support kami dengan Share ke Social Media kamu dan teman-teman kamu.

Share and Enjoy !

Write A Comment