Review Mulan Live Action, Film Kung Fu dari Disney yang Seru untuk Ditonton


Tahukah kamu soal film Mulan? Mulan (2020) ini adalah film live action KungFu yang diangkat dari seri animasi asli yang diproduksi oleh Disney. Film ini bertema kan Perang Imperial China dan sedikit mengangkat topik kesetaraan gender. Mulan dibintangi oleh aktris berkebangsaan China-America, Yifei Liu dan aktor kenamaan Donnie Yen. Di waktu senggang kali ini, aku akan mereview sekaligus membahas tentang film ini.

Sinopsis

Source: Youtube

Di masa Imperial China, hidup seorang wanita muda bernama Mulan. Ia merupakan putri sulung dari Hua Zhou seorang ksatria perang yang telah pensiun. Sejak kecil, Ia tidak bersikap seperti layaknya seorang wanita terampil, dimana dia memiliki jiwa petualang, dan over-aktif. Hal ini membuat kedua orang tuanya kecewa.

Disney’s MULAN..Mulan (Yifei Liu)..Photo: Film Frame..© 2019 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved.

Pada suatu hari, sebuah pos di Utara diserang oleh Pasukan Rouran yang dipimpin oleh Bori Khan dan dibantu oleh penyihir Xianniang. Hal ini mendesak kekaisaran Tiongkok untuk mengeluarkan dekrit wajib militer yang mengharuskan setiap keluarga memberikan satu anggota keluarga laki-lakinya untuk berperang. Kenapa tidak perempuan? Karena pada masa tersebut, perempuan yang pandai bertarung dan memiliki Chi yang kuat akan dianggap sebagai penyihir dan dianggap sebuah aib bagi keluarga dan negaranya.

Hua Zhou yang pada saat itu tidak memiliki satu pun anak laki-laki, akhirnya mengabdikan dirinya untuk kembali ke Medan perang walaupun kakinya cacat dan pincang. Mengetahui hal ini, pada malam harinya Mulan mencuri zirah dan pedang milik ayahnya dan bergegas ke medan pertempuran dibekali dengan keberanian dan keahlian bela dirinya. Akankah Mulan berhasil bertahan hidup, dan akankah identitas asli Mulan terungkap?

Adegan Bertarung yang Sangat Memukau

Disney’s MULAN..Mulan (Yifei Liu)..Photo: Film Frame..© 2019 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved.

Meskipun seorang wanita, Mulan sangat ahli dalam bela diri KungFu. Beberapa adegan pertarungan di film ini pun sangat memanjakan mata. Gaya bertarung yang tentunya tidak kaku, dan beberapa efek slow-motion mewarnai adegan pertarungan ini. Tidak lupa juga dengan sinematografi yang memukau membuat kualitas film ini semakin bagus.

Ending Song yang Menceritakan Perjuangan Mulan

Source: Youtube

Ending song yang dibawakan oleh Christina Aguilera berjudul Loyal Brave True ini menceritakan perjuangan Mulan semenjak ia menyamar menjadi lelaki untuk mengikuti perang demi ayahnya. Rintangan banyak dihadapi olehnya, Kejujuran, Keberanian, dan Loyalitas Mulan di uji disini. Judul lagu ini juga sebagai callback dari simbol yang diukir di pedang para prajurit yang menuliskan kata “Loyal, Brave, True”.

Dalam film ini memang dijelaskan bahwa prajurit yang hebat adalah prajurit yang mengamalkan 3 prinsip tadi. Ketika mengamalkan 3 prinsip tersebut, itu dapat membuka Chi sepenuhnya dalam diri sang prajurit. Inilah yang menjadi rintangan bagi Mulan, karena ia harus menutupi identitasnya sebagai seorang wanita.

Source Image: Google

Lagu berdurasi 2 menit 48 detik ini juga dihiasi dengan alat musik instrumen tradisional China, membuat lagunya sangat khas dan cocok dengan nuansa dari film Mulan yang bertemakan KungFu. Lirik yang sangat dalam menceritakan tentang perjuangan Mulan hingga mencapai Ksatria Sesungguhnya.

Akting dari para Aktor yang Mengagumkan

Yifei Liu berhasil memerankan karakter Mulan dengan pembawaan yang hebat. Film ini juga dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Donnie Yen yang memerankan karakter Komandan Tung, dan Jet Li yang berperan sebagai sang Kaisar.

Kesimpulan dan Hasil Akhir

Source Image: Google

Overall, film ini sangat aku rekomendasikan, terlebih bagi kalian para penonton yang mencintai adegan pertarungan mendetail.

Mulan menyajikan kita adegan pertarungan yang hebat dengan latar musik yang sama hebatnya. Character development di film ini juga terkesan baik. Akting Donnie Yen dan Jet Li selaku aktor ternama juga tidak perlu diragukan lagi. Eksekusi yang sempurna juga dilakukan pihak studio terhadap film ini. Intinya film ini sangat aku rekomendasikan bagi kamu para pecinta film Kung Fu dan juga para penggemar film Disney.

Hentai Heaven

Swagbucks