Share and Enjoy !

Pada tahun 2016, Prefektur Kumamoto di Jepang selatan dilanda gempa berkekuatan 7,0, menghancurkan kota-kota setempat, menewaskan 50 orang. Eiichiro Oda, pencipta One Piece dan penduduk asli kota Kumamoto, tidak ingin duduk dan melihat prefektur asalnya dalam masalah dan menyumbangkan 800 juta yen (US $ 7,5 juta) untuk upaya pemulihan, 500 juta yen (US $ 4,7 juta) di Nama Luffy dan 300 juta (US $ 2,8 juta) atas namanya sendiri.

Untuk berterima kasih kepada Oda atas sumbangannya yang besar, pemerintah prefektur Kumamoto saat ini mendirikan 8 patung bajak laut topi jerami di sekitar prefektur, dengan biaya sekitar 10 juta yen (US $ 93.833) per patung. Saat ini, tiga patung telah dipasang, Luffy berada di depan Kantor Prefektur Kumamoto di Kota Kumamoto, Sanji di Kota Mashiki, dan Usopp di Kota Aso. Patung Chopper dan Brook seharusnya diresmikan pada Maret 2020 tetapi ditunda karena COVID-19.

Source: Google Image

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya mengapa Kumamoto memutuskan untuk mengalokasikan sejumlah uang sumbangan untuk patung, daripada upaya pemulihan dari Gempa Bumi Kumamoto. Nah, sekelompok 66 mahasiswa dari Universitas Shokei setempat mensurvei mereka yang mengunjungi patung Luffy antara 19 Oktober 2019 dan 20 Januari 2020, dan menemukan bahwa perkiraan nilai ekonomi patung Luffy selama setahun adalah 2.671.970.000 yen (US $ 25.069.357), dengan perkiraan 55.121 orang mengunjungi Kota Kumamoto hanya untuk melihat patung raja bajak laut favorit mereka.

Jika kamu membagi jumlah total dengan jumlah orang, diperkirakan 48.474 yen (US $ 454) akan dihasilkan untuk perekonomian Kumamoto lokal per orang. 8% dari mereka yang disurvei adalah penggemar One Piece mancanegara. Artinya patung Luffy saja sudah menghasilkan keuntungan 267 kali lipat, per tahun. Laporan tersebut diserahkan kepada gubernur prefektur Kumamoto.

Source: Google Image

Survei menemukan bahwa orang-orang yang mengunjungi patung tersebut juga pergi untuk melihat pemandangan lain di prefektur seperti Kastil Kumamoto, serta pergi ke restoran lokal, dan menginap di hotel-hotel lokal. Salah satu siswa yang terlibat dengan laporan itu “terkejut” dengan jumlah pariwisata yang dibawa patung Luffy, sementara siswa lain “mengharapkan” hasilnya bisa lebih besar, lalu ia juga mengatakan “Saya pikir jika patung rekan Luffy yang tersisa juga didirikan, jumlahnya akan menjadi lebih besar.

Sumber: Crunchyroll

Share and Enjoy !

Write A Comment