Share and Enjoy !

Negara Jepang selalu memiliki reputasi atas budaya yang khas dan tradisinya yang juga sangat unik. Sebagai negara kepulauan dengan sejarah yang panjang, banyak aspek budaya yang berkembang tanpa terpengaruh oleh negara lain. Tapi ada banyak sekali alasan lain kenapa Jepang disebut negara terunik di seluruh dunia.

Shinto

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Shinto secara luas dianggap sebagai agama asli Jepang. Sementara sebagian besar penduduk setempat akan menyangkal adanya agama sama sekali, tradisi dan festival Shinto memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Di Kyoto saja, ada lebih dari 400 kuil Shinto yang dipersembahkan untuk berbagai dewa.

Pelayanan pelanggan

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Industri jasa Jepang menetapkan standar global untuk layanan terbaik, dan salah satunya adalah mereka tidak meminta kamu memberikan uang tip. Kebanyakan orang di industri jasa bersikap sopan terhadap suatu kesalahan. Di Jepang, tidak perlu berterima kasih kepada orang-orang ini. Karena bagi mereka, hanya melakukan tugasnya.

Kimono

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Busana tradisional seperti kimono merupakan ciri khas negara Jepang dan satu hal yang membedakannya dari budaya lain. Banyak penduduk setempat yang masih menikmati dalam mengenakan pakaian tradisional untuk acara khusus seperti ketika wisuda, pernikahan, dan festival.

Anime & manga

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Astro Boy, yang ditulis pada tahun 1950-an, adalah salah satu manga pertama di dunia. Komik itu dikagumi serta populer. Beberapa dekade kemudian manga dan anime tumbuh menjadi salah satu ekspor paling ikonik negara ini. Manga memiliki pengaruh yang kuat pada kesenian buku komik di Korea Selatan dan Cina.

Geisha

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Geisha adalah wanita penghibur profesional, meskipun sejarawan percaya bahwa geisha pertama adalah seorang pria.

Para wanita ini menghibur siapa saja yang mampu membayar jasa mereka dengan percakapan, pertunjukan tari, serta permainan di restoran kelas atas dan pesta pribadi.

Membungkuk

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Orang Jepang belajar bagaimana dan kapan harus mulai membungkuk sejak usia muda, dan mereka menggunakannya untuk maksud apapun, mulai dari rasa berterima kasih hingga meminta maaf.

Gulat sumo

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Gulat sumo dimulai di Jepang ratusan tahun yang lalu, selama Zaman Edo, tetapi awal mulanya mungkin ke ritual Shinto kuno. Jepang adalah negara yang dimana gulat sumo sangat populer, dan masih satu-satunya tempat di mana kamu akan menemukan olahraga ini dipraktikkan di tingkat profesional.

Upacara minum teh

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Upacara minum teh mulai diperkenalkan ke Jepang oleh biksu Tiongkok lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Namun selama berabad-abad, upacara minum teh Jepang telah menjadi seni yang unik dan khas sehingga keduanya memiliki sedikit kesamaan.

Tatami

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Lantai Tatami berasal dari tempat duduk kecil yang bergerak untuk bangsawan selama Periode Heian. Pada awal Zaman Edo, kelas bawah bahkan mulai menggunakan tikar tatami.

Tatami tidak hanya nyaman tetapi juga membutuhkan perawatan yang tinggi dan harus diganti dari waktu ke waktu. Sekarang biasa digunakan terutama di kamar bergaya Jepang seperti di kedai teh, restoran tradisional, dan penginapan.

Budaya kawaii

, AniEvo ID
Image Credit: The Culture

Tidak ada tempat di dunia yang menghargai keimutan seperti di Jepang. Dari maskot yang menggemaskan, tanda peringatan, hingga ikon dan iklan budaya pop. Kawaii adalah salah satu kata paling berharga.

Referensi: Culture Trip

Oh ya jangan lupa ya untuk support kami dengan Share ke Social Media kamu dan teman-teman kamu~

Share and Enjoy !