Perbedaan LN dan WN Yang Harus Wibu Ketahui


Sebelumnya Admin ingin membuat Rekomendasi LN/WN Jepang, China, dan korea tapi sebelum itu mari kita mencari tahu apa perbedaan mengenai Light Novel dan Web Novel.

Admin sendiri baru sekitar 3 tahunan dalam membaca LN dan WN, jujur saja kalau kalian sudah bosan dengan Anime dan ingin mencari cerita dan petualangan dengan detail yang banyak, maka LN dan WN adalah pilihan yang tepat, itu pula yang membuat Admin ketagihan tapi itu akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Pengertian Light Novel

Novel ringan atau light novel (ライトノベル raito noberu) adalah sejenis novel yang sering disertai dengan ilustrasi anime atau manga yang biasanya ditujukan untuk pembaca usia remaja sekolah menengah.

Source : DuckDuckGo

Seperti namanya Light yang berarti ringan dan Novel yaitu karangan prosa yang panjang. Artinya Novel ringan ini memuat konten ringan yang enak untuk dibaca oleh semua kalangan, apalagi kalau membacanya saat lagi hujan ditemani kopi dan cemilan snack pasti berasa seperti Anak Indie sekali bukan.

Ciri-Ciri Light Novel

  • Mempunyai ilustrasi di bagian sampul/cover dan isi.
  • Target pemasaran untuk anak SMP dan SMA.
  • Dijual per volume.
  • Setidaknya memiliki 50 ribu kata.
  • Berbentuk buku cetak dengan kurang lebih 100 halaman.
  • Memiliki detail cerita yang lebih lengkap dan terstruktur daripada Web Novel.
  • Kebanyakan hanya diterbitkan di jepang.

Pengertian Web Novel

Web novel merupakan novel yang di terbitkan/ditulis di platform website atau situs online, kalo di Indonesia contohnya yang sering di kunjungi banyak orang seperti Mangatoon atau Wattpad.

Source : DuckDuckGo

Website penyedia WN di Jepang yaitu syosetu dengan lebih dari 300 ribu novel yang terdaftar, beberapa seri terkenal seperti Overlord, Tate no yuusha dan novel lainnya terlahir disini, setelah akhirnya mereka cukup terkenal dan ditulis ulang menjadi sebuah Light Novel.

Source : Syosetu

Dan untuk di China biasanya tersedia melalui qidian sedangkan untuk di Korea munpia serta masih banyak web penyedia Novel lainnya.

Ciri Ciri Web Novel

  • Ditulis dan diterbitkan di website/platform online.
  • Lebih dari 50 ribu kata (tergantung author karena Admin sendiri baca WN china yang ribuan chapter totalnya bisa sampai 100 ribu kata lebih).
  • Target pemasaran bebas tergantung authornya.
  • Ada yang gratis dan juga berbayar.

Pertama kali, jujur admin males banget membaca Light Novel tapi karena nggak bisa tahan rilis anime season baru, Admin mencoba buat baca LN. Awalnya agak susah, tapi lama kelamaan jadi semakin ketagihan. Kapan-kapan kalian coba juga baca LN karena ceritanya lebih detail dan seru untuk disimak.

Jika kamu mempunyai request artikel menarik seputar Anime, Manga, ataupun Jejepangan, silahkan berikan komentar di akun instagram Anievo.id yaa~

Informan: Azazel

Oh ya jangan lupa ya untuk support kami dengan Share ke Social Media kamu dan teman-teman kamu.

Hentai Heaven

Swagbucks