Share and Enjoy !

Kepala perusahaan agensi Virtual YouTuber (VTuber) Hololive, Cover Corp, mengumumkan bahwa talent mereka yang berbasis di Tiongkok akan “lulus” dari perusahaan tersebut dalam tujuh minggu ke depan, diantara dari mereka adalah Civia, Artia, Yogiri, Doris, dan Rosalyn yang akan mulai keluar pada 18 November mendatang.

p1l0l8f5qyi51
Source: Reddit

Cover Corp tidak menjelaskan secara rinci penyebab kelulusan ini. Sebelumnya, VTuber Civia dan Artia mengumumkan pada siaran langsung di Twitch bahwa grup CN Hololive akan berpisah dengan Cover Corp untuk menjadi VTubers independen, tetapi pernyataan itu ditarik kembali oleh Artia pada 28 Oktober.

Dalam siaran live streaming itu, mereka menjelaskan bahwa agensi tersebut akan membubarkan CN Hololive, meskipun masing-masing anggota masih akan diizinkan untuk mempertahankan nama, model Live2D, dan identitas mereka saat mereka melanjutkan aktivitas sebagai streamer independen.

Pada bulan September lalu, VTuber Hololive Jepang yaitu Akai Haato dan Kiryu Coco diskors dari aktivitas streaming selama tiga minggu karena “komentar yang tidak pantas” dan “pengungkapan analitik saluran YouTube yang tidak sah” yang mereka buat dalam live streaming.

2020.09.27 08.52 boundingintocomics 5f70fb9ae1601
Akai Haato dan Kiryu Coco (Source: Bounding Into Comics)

Livestream Kiryu Coco dan Akai Haato dinilai bermasalah karena dua VTuber tersebut mengungkapkan demografi penonton di channel mereka. Kini live streaming Akai Haato tersebut sudah disetel ke pribadi, sedangkan arsip video live streaming Kiryu Coco telah dipotong pada menit ke-2:47.

Salah satu komentar pada video Kiryu menyimpulkan bahwa selama enam menit dari rekaman yang dihapus, Coco mengomentari demografi pemirsa salurannya menurut wilayah. Dan saat itu, YouTube Analytics mencantumkan Taiwan dan Tiongkok sebagai wilayah terpisah.

Hal ini memantik reaksi keras dari para pemirsa di Tiongkok yang mayoritas mendukung prinsip Satu Tiongkok yang mengupayakan reunifikasi antara Taiwan dan China di bawah negara berdaulat yang sama.

Generasi pertama CN hololive memulai debutnya di layanan streaming video bilibili pada Oktober 2019, dan generasi kedua memulai debutnya pada April tahun ini. Secara keseluruhan, enam VTuber memulai debutnya sebelum CN hololive dibubarkan.

Saat ini, lebih dari 50 YouTuber Virtual tergabung dalam Hololive dan memiliki sekitar 4,4 juta penggemar di YouTube dan 4 juta di Bilibili.

Sumber: Cover Corp

Share and Enjoy !

Write A Comment