10 Alasan Mengapa Kamu Harus Menonton Haikyuu!! meskipun Bukan Pencinta Olahraga

Haikyuu!! adalah anime bergenre olahraga. Anime ini bertema tentang olahraga bola voli. Mungkin bagi para penggemar yang tidak menyukai anime bergenre olahraga, Haikyuu!! ini akan terdengar membosankan. Tapi apakah kamu tau, jika nyatanya tidak begitu?

Ketahuilah bahwa aku, Jay, sama sekali bukan penggemar olahraga. Aku tidak suka pelajaran olahraga, payah dalam pelajaran olahraga, bahkan sama sekali tidak pernah menonton pertandingan olahraga. Sepak bola? MotoGP? Voli? E-Sport? Tokyo Olimpiade? Aku sama sekali tidak pernah mendalami tentang itu semua. Alasannya adalah karena aku sama sekali tidak tertarik pada olahraga.

Baru saja malam kemarin aku mencoba menonton anime Haikyuu!! di platform streaming iQiyi. Anehnya, aku sama sekali tidak merasa bosan saat menonton bahkan dari awal hingga akhir. Tanpa kusadari, aku telah menghabiskan 12 episode dari serial tersebut.

Sebenarnya apakah alasan yang membuat anime Haikyuu!! sangat menarik untuk diikuti? Ya inilah alasan dari artikel ini dibuat, pakai tanya segala! Gak perlu lama-lama, mari kita kupas tuntas alasannya.

1. Alur yang Sederhana dan Menyenangkan, Santai untuk Dinikmati

Source Image: Google

Ada banyak anime populer yang memiliki alur di mana ada masalah yang mengancam dunia. Penjahat licik yang mengancam kehidupan para pahlawan. Berbeda dengan Haikyuu!!, ini adalah tentang sekelompok anak laki-laki ambisius yang menjalani kehidupan di SMA. Mereka melakukan yang terbaik untuk menjadi lebih baik dalam olahraga favorit mereka, sehingga membuat segalanya lebih menyenangkan. Antagonis pun diperlihatkan memiliki sifat yang unik, lucu, dan baik hati. Anime ini bukan tentang orang baik yang melawan orang jahat, tapi tentang anak-anak laki-laki SMA yang bersaing untuk mencapai impiannya menjadi atlet voli terbaik!

2. Kamu Tidak Harus Mengetahui Semua Tentang Olahraga untuk Menonton

Source Image: Google

Mungkin masalah beberapa orang saat menonton anime bergenre olahraga adalah ketika mereka sama sekali tidak paham dengan olahraga tersebut. Syukurlah, Haikyuu!! tidak masuk dengan asumsi bahwa para penggemar yang menonton harus tahu segalanya tentang olahraga. Bahkan anime Haikyuu!! memudahkan penontonnya untuk mencerna dasar-dasar dari voli dan untuk mempelajari hal yang lebih kompleks. Ketika menjelaskan tentang voli pun, adegan-adegannya akan dibuat menarik dan tidak membosankan.

3. Visual dan Animasi yang Baik

Source Image: Google

Ini bisa dibilang salah satu aspek yang paling penting — di samping kualitas alur cerita — karena kita berbicara tentang anime. Visual dan animasi adalah salah satu faktor terpenting dari kesuksesan anime (contohnya Demon Slayer). Bahkan dengan alur dan arc yang hebat sekalipun, jika visual dan animasinya berantakan, maka ini akan menjadi faktor kegagalan terbesar dalam sebuah anime (contohnya Nanatsu no Taizai season 3).

Syukurlah, segala visual dan animasi Haikyuu!! menarik dan memanjakan mata. Art Style dilakukan dengan sangat baik dan animasinya sangat smooth, yang membuat aksi olahraga voli terlihat hidup dan mendetail.

4. Voli adalah Tentang Strategi

Source Image: Google

Haikyuu!! bukanlah hanya tentang bermain voli. Ini adalah tentang strategi bagaimana untuk memenangkan pertandingan. Terutama jika kamu menyukai strategi dan pemikiran strategis dalam pertempuran, anime ini akan sangat cocok dengan kamu.

Jojo’s Bizzarre Adventure misalnya, melibatkan banyak protagonis yang mencoba mengecoh lawan mereka secara strategis. JoJo adalah perbandingan yang aneh bagi Haikyuu!!, tetapi intinya adalah, jika kamu menyukai strategi dan pemikiran strategis di anime, tingkat kecerdasan dalam taktik bola voli adalah sesuatu yang worth it untuk dinikmati.

5. Karakter yang Unik

Source Image: Google

Haikyuu!! menawarkan banyak karakter, masing-masing dengan kepribadian unik mereka sendiri, yang membuat mereka berbeda dan menyenangkan. Shoyo Hinata adalah protagonis utama yang ceria, gigih, dan selalu optimis, sementara Kageyama adalah yang berbakat, serius, dan pemarah. Bahkan beberapa karakter sampingan di tim lain memiliki ciri karakter yang mencolok yang membuat mereka menonjol dengan sendirinya.

6. Ini Shounen Berkualitas

Source Image: Google

Sementara beberapa seri manga dan anime shounen mencoba dan meniru aspek formula shounen dan gagal, ada banyak yang telah melakukan ini dan berhasil melakukannya. Haikyuu!! memiliki aspek yang kamu harapkan dari shonen. Itu membuat seri shounen ini berdetak dan seri ini dieksekusi dengan sempurna.

Shoyo Hinata sangat menyukai bola voli, tetapi perawakannya yang kecil secara keseluruhan dan kurangnya bakat dibandingkan dengan rekan-rekannya menghambatnya. Dia terinspirasi dari “Raksasa Kecil” dan bertujuan untuk menjadi pemain ace terbaik yang dia bisa untuk timnya. Karena ini adalah anime olahraga tentang seorang siswa sekolah menengah, itu membuat tujuan ini jauh lebih relatable dan realistis.

7. Kombinasi Olahraga dengan Slice Of life

Source Image: Google

“Slice of life” adalah anime di mana biasanya penonton mengikuti urutan peristiwa kehidupan sehari-hari dalam kehidupan karakter. Sub-genre anime ini juga cukup populer, dan mereka yang lebih menyukai genre ini daripada olahraga masih akan menemukan sesuatu yang disukai tentang Haikyuu!!. Aspek olahraga dan bola voli dari cerita memberikan latar belakang yang baik untuk peristiwa kehidupan karakter dan peristiwa apa yang akan dipusatkan.

8. Aksi Bola Voli yang Cepat

Source Image: Google

Jelas, serial anime ini bukanlah pertarungan fantasi dan pertunjukan “aksi” dalam pengertian pertarungan fisik dan kekuatan yang tidak masuk akal. Tidak ada pelaku kejahatan yang mengamuk di dunia serial ini dan menciptakan kekacauan bagi pemeran utama protagonis.

Aksi yang dimaksud adalah pertarungan bola voli SMA Karasuno dengan para pesaingnya. Seperti dalam gaya anime klasik, karakter berpikir dan mendiskusikan strategi di balik permainan mereka dan lawan mereka, seperti yang dibahas sebelumnya, menarik dengan sendirinya. Drama itu sendiri juga serba cepat, tidak membosankan dan menyenangkan untuk ditonton.

9. Karakter dengan Sejuta Kekurangan

Bagian dari apa yang membuat pemeran karakter dalam seri ini begitu menarik adalah bahwa mereka bukanlah makhluk yang sempurna. Mereka adalah anak laki-laki sekolah menengah biasa. Oleh karena itu, mereka semua memiliki masalah mereka sendiri untuk dihadapi dan dipelajari untuk diatasi.

Shoyo Hinata harus belajar secara giat untuk bisa ahli bermain bola voli, terlebih dengan postur tubuhnya yang tidak memadai. Kageyama sendiri untuk belajar untuk tidak terlalu sombong dan ketat pada dirinya sendiri dan rekan satu timnya, karena itulah yang menahannya. Sangat menyenangkan melihat karakter yang tidak sempurna ini belajar, mencoba, dan akhirnya berhasil mencapai potensi maksimalnya masing-masing.

10. Pesan dan Inspirasi yang Didapat

Pada akhirnya, pesan yang disampaikan secara konsisten di seluruh rangkaian Haikyuu!! adalah salah satu yang menginspirasi. Terlepas dari semua masalah yang dihadapi masing-masing karakter selama cerita, mereka selalu menginspirasi diri mereka sendiri untuk mengatasi rintangan mereka.

Mereka bangkit kembali menghadapi kegagalan dan maju ke depan untuk tujuan berikutnya yang ada, hanya berusaha untuk menjadi lebih kuat sebagai orang dan pemain bola voli. Pada gilirannya, mereka menginspirasi para penggemar yang menonton karakter-karakter ini untuk menjalani hidup mereka saat mereka berhasil, gagal, dan segala sesuatu di antaranya.

Jadi bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mencoba mengikuti serial Haikyuu!!?