Share and Enjoy !

Para animator di Jepang yang belum merubah alur kerja mereka ke produksi digital mungkin harus segera mempercepat transisi mereka sebelum terlambat karena alat tradisional yang telah lama digunakan oleh para pencipta anime akan segera menghilang selamanya. Mitsubishi Pencil telah mengumumkan bahwa mereka hanya akan menyisakan satu warna saja untuk pensil jenis line 7700, tipe line yang biasanya digunakan untuk animasi yang digambar dengan tangan.

Mitsubishi Pencil tidak menghubungkan secara langsung penghentian produksi itu dengan penjualan, tapi dengan bahan baku yang semakin sulit untuk didapat. Pemilik dari Soumaya Genshirou Shouten di Tokyo pernah berkata kepada Reuters bahwa “Line 7700 sudah tidak laku lagi.”

proses produksi anime
Source: DuckDuckGo

Dia juga menjelaskan bahwa sejak para arsitek menggunakan teknologi digital untuk membuat blueprints, sebagaimana yang juga dilakukan oleh industri lain, toko miliknya menjual “sekitar satu 7700 pensil merah untuk setiap 3.000 pensil warna merah reguler.”

Warna merah akan jadi jenis warna terkahir dalam pensil line 7700, yang bisa membuat garis yang sangat cocok untuk industri gambar dan animasi, setelah tipe tersebut tinggal memliki warna merah, orange, kuning-hijau, dan biru muda di tahun 2015 dari yang pada awalnya memiliki 12 warna.

Source: DuckDuckGo

Mitsubishi Pencil telah mencoba untuk membuat berbagai alternatif dengan bahan baku yang lebih mudah ditemukan, tapi sejauh ini hasilnya belum bisa untuk menyamai standar kualitas yang dimiliki pensil line 7700.

Asosiasi Animator Jepang berkata dalam sebuah pernyataan bahwa “Pensil line 7700 adalah sebuah alat yang tak tergantikan untuk produksi anime dengan dampak yang besar bagi para individu dan perusahaan serta sangat diantisipasi pada saat akhir produksi.” Meski sudah banyak animator dan studio anime yang pindah ke proses digital, masih cukup banyak juga para pencipta anime yang tetap menggambar animasi kunci secara manual dengan tangan.

Mitsubishi Pencil menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang masih terus menggunakan pensil jenis line 7700 dan meminta maaf untuk segala ketidaknyamanan yang mungkin timbul pada orang-orang yang menggunakan produk ini sebagai bagian vital dalam kehidupan mereka.

©Mitsubishi Pencil

Share and Enjoy !