Share and Enjoy !

Siapa yang tidak tahu WhatsApp Messenger? Aplikasi ini telah menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan sekarang. WhatsApp dilengkapi dengan banyak fitur yang menarik, mulai dari status, telepon dan video call grup, sticker yang dapat kita kustom, dan masih banyak lagi.

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui beberapa fitur WhatsApp yang lain. Sebenarnya fitur apa sajakah itu? Inilah fitur-fitur yang mungkin tidak kalian ketahui dapat dilakukan di WhatsApp.

1. Menghapus Pesan Secara Otomatis

Pesan Sementara

Dalam WhatsApp ada sebuah fitur yang dapat menghapus riwayat pesan secara otomatis. Jika WhatsApp anda menggunakan bahasa Indonesia, maka fitur ini akan bernama “Pesan Sementara” atau dalam bahasa Inggris “Dissapearing Messages”.

Fitur ini dapat menghapus riwayat pesan anda dan orang lain secara otomatis setelah 7 hari. Tapi ingat, ini bukan berarti seseorang telah membagikan pesan anda atau men-screenshot pesan anda terlebih dahulu sebelum pesan ini terhapus.

Untuk mengaktifkan fitur ini, anda dapat masuk ke chat siapapun yang ingin anda nyalakan fitur Pesan Sementara-nya. Lalu, ketuk nama kontak atau nama grup dari chat tersebut. Di halaman berikutnya, geser ke bawah dan anda akan menemukan fitur tersebut. Ketuk fitur tersebut untuk mengaktifkannya.

Setelah mengaktifkan fitur ini berarti pesan akan hilang untuk semua pihak. Tetapi jika anda ingin mengaktifkan fitur ini pada sebuah grup, anda haruslah seorang admin dalam grup tersebut.

2. Mengubah Background/Wallpaper pada Chat

Pilihan Wallpaper Menarik yang Disediakan oleh WhatsApp

Jika Anda masih terjebak dengan wallpaper WhatsApp default, maka anda kebangetan! Sangat mudah untuk anda mengubah wallpaper chat menjadi lebih menarik.

Untuk melakukannya, masuk ke WhatsApp dan klik ikon pengaturan. Kemudian pilih opsi chat di layar menu berikutnya yang muncul, lalu ketuk Wallpaper. Ini kemudian akan mengizinkan opsi lebih lanjut Anda.

Opsi Wallpaper dalam Pengaturan

Setelah masuk ke opsi Wallpaper, anda dapat memilih bermacam-macam wallpaper. Mulai dari yang disediakan oleh WhatsApp, atau warna default bahkan hingga menggunakan foto dari galeri anda sendiri.

Setelah memilih gambar yang anda akan jadikan wallpaper, anda dapat mengatur perspektif dari foto dan menyesuaikannya di wallpaper chat anda. Setelah anda menyetelnya, semuanya selesai! Nikmatilah wallpaper baru anda dan jangan lupa selalu ubah jika anda bosan.

3. Menggunakan teks tebal, miring, dan dicoret dalam obrolan WhatsApp

Sumber: Mashable.com

Anda dapat membuat pesan teks WhatsApp Anda lebih menarik – dan menyampaikan poin Anda dengan lebih baik – dengan menggunakan teks tebal, miring, dan mencoret teks dengan coretan.

Cara Menggunakan Fitur Tulisan Tebal, Miring, dan Coretan.

Untuk teks tebal, cukup tambahkan tanda Asterisk (*) ke salah satu sisi kata atau frase. Menambahkan tanda Underscore (_) ke salah satu sisi kata atau frase akan membuat teks miring. Untuk mencoret teks, tambahkan tilde (~) ke salah satu sisi kata atau frasa.

4. Mengubah Font menjadi Font Mesin Tik

Sumber: Mashable.com

Tahukah Anda WhatsApp memiliki font rahasia yang dapat Anda gunakan untuk membuat pesan Anda menonjol dari yang lain? Anda dapat menggunakan urutan gaya simbol khusus untuk mengaktifkan jenis huruf mesin tik sekolah lama.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menambahkan tiga apostrof miring: `.

Cara Mengaktifkan Font Mesin Tik dalam WhatsApp

Perhatikan bahwa di iOS ini bukan apostrof standar yang akan Anda lihat di tampilan keyboard utama Anda. Anda harus menekan dan menahan tanda apostrof untuk melihat simbol yang benar untuk digunakan – Anda ingin memilih simbol pertama yang miring secara diagonal ke bawah dari kiri ke kanan.

Sumber: Mashable.com

5. Memilih Pesan yang Ingin Anda Balas

Pilih Pesan untuk Dibalas

Obrolan grup di WhatsApp bisa menjadi sangat berisik, dan pesan bisa datang dari segala arah ketika keadaan menjadi agak sibuk. Jika seseorang mengirim pesan tentang sesuatu yang ingin Anda balas tapi pesan yang masuk sangat banyak dan anda takut orang tersebut tidak menangkap pesan anda. Anda dapat menyorot pesan yang ingin anda balas dan membalas secara langsung.

Ini membuat pesan asli, dengan balasan Anda di bawah, muncul di bagian bawah layar obrolan Anda. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan pesan sampai muncul menu di atas dan ketuk tanda panah ke arah kiri.

Alternatifnya, dan metode yang lebih cepat, cukup dengan menggesek pesan yang ingin Anda balas dari kiri ke kanan.

6. Sematkan Chat ke Bagian Atas

Sematkan Chat ke Bagian Atas

Ini adalah fitur yang sangat berguna untuk menjaga agar chat tetap terlihat di bagian atas layar obrolan anda. Jika Anda ingin memberikan pin teratas pada chat Anda, cukup tekan sedikit lama obrolan yang anda pilih dan ketuk ikon pin gambar yang muncul.

Ini akan memindahkan obrolan itu ke atas layar obrolan Anda sehingga selalu langsung terlihat. Ini juga menambahkan ikon pin ke obrolan sehingga Anda tahu itu telah disematkan. Untuk membatalkan tindakan ini, cukup tekan sedikit lama obrolan lagi untuk melepas pinnya. Anda hanya dapat menyematkan hingga tiga obrolan sekaligus.

7. Siarkan Pesan Pribadi ke Beberapa Kontak

Opsi Siaran dalam WhatsApp

Dimungkinkan di WhatsApp untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa kontak tanpa mereka berada dalam obrolan grup atau bahkan melihat siapa lagi yang menerima pesan tersebut. Berguna jika Anda ingin berbagi berita penting dengan pengumuman, atau jika Anda ingin mengucapkan salam musiman kepada semua orang. Ini cepat dan mudah dilakukan.

Dari WhatsApp di iOS, ketuk Daftar Siaran di kanan atas layar Anda, lalu Daftar Baru di bagian bawah, lalu tambahkan penerima yang Anda inginkan untuk menerima pesan tersebut. Di perangkat Android, Anda perlu memilih Siaran Baru dari menu obrolan yang memiliki ikon tiga titik di bagian kanan atas.

Setiap pesan yang Anda kirim menggunakan metode ini akan diterima sebagai pesan pribadi di chat setiap orang.

8. Mengetahui Siapa Saja yang Menyimpan Kontak Kita

Cara Mengetahui Siapa yang Menyimpan Kontak Kita

Di menu saat memilih orang untuk siaran ini juga, anda dapat mengetahui siapa yang menyimpan kontak anda di ponselnya. Hanya orang yang menyimpan kontak anda yang dapat anda masukan ke daftar siaran. Jika orang tersebut tidak dapat anda masukan ke daftar siaran, maka orang tersebut tidak menyimpan kontak anda.

Ini sangat berguna untuk anda yang ingin memfilter kontak anda. Jadi anda tahu siapa orang yang sebaiknya tetap anda simpan kontaknya dan siapa yang harus anda hapus.

9. Menyesuaikan Nada Dering Chat dan Telepon untuk Siapapun

Notifikasi Khusus dalam WhatsApp

Anda dapat menyesuaikan nada dering suara yang Anda dengar ketika anda menerima pesan WhatsApp dari kontak atau grup mana pun. Ini sangat berguna karena ini berarti anda dapat membedakan antara obrolan grup yang mungkin tidak terlalu penting untuk anda buka dan pesan penting dari orang yang anda cintai.

Untuk memberi grup WhatsApp atau kontak notifikasi khusus, masuk ke obrolan dan ketuk nama orang atau grup di bagian atas layar. Gulir ke bawah ke Notifikasi Khusus dan klik. Anda kemudian dapat mengubah nada dering default menjadi nada dering pilihan yang dapat anda bedakan, mana pesan yang aman untuk diabaikan dan mana pesan yang anda tahu berarti pesan tersebut penting dan harus dibalas segera.

Itu saja beberapa fitur yang mungkin berguna bagi anda dan belum anda ketahui hingga saat ini. Semoga setelah membaca artikel ini anda langsung memahami banyak lagi fitur WhatsApp yang sangat berguna untuk kehidupan anda.

Oh ya jangan lupa ya untuk support kami dengan Share ke Social Media kamu dan teman-teman kamu.

Share and Enjoy !