Share and Enjoy !

Seri supernatural Nisio sangat unik dan menarik tetapi pada awalnya dapat membingungkan. Monogatari adalah nama umum untuk serangkaian seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh novelis Jepang Nisio Isin dan diilustrasikan oleh ilustrator asal Taiwan bernama Vofan.

Sinopsis

Source: Google Image

Seri Monogatari bercerita mengenai Koyomi Araragi, siswa kelas tiga SMA yang menjadi manusia kembali setelah beberapa saat menjadi vampir. Suatu hari, teman sekelas nya, Hitagi Senjougahara yang penyendiri, jatuh saat menuruni tangga ke pelukan Koyomi.Ia meyadari bahwa Hitagi tidak memiliki berat, bertentangan dengan hukum fisika.

Meskipun diancam olehnya untuk menjauhkan diri, Koyomi menawarkan bantuan dan memperkenalkan Hitagi kepada Oshino, seorang pria paruh baya aneh yang tinggal di sebuah bangunan lama. Setelah Koyomi membantu menyelesaikan masalah Hitagi, ia pun setuju untuk menjadi temannya.

Sebagai kelanjutan serial, Koyomi mendapati dirinya terlibat dengan gadis-gadis lain, masing-masing mendapatkan masalah dari berbagai “keanehan”, termasuk hantu seorang anak yang bernama Mayoi Hachikuji; adik kelasnya Suruga Kanbaru; Nadeko Sengoku, seorang teman dari saudara perempuannya; teman sekelasnya Tsubasa Hanekawa; dan adik-adik perempuannya sendiri Karen dan Tsukihi.

Ketika berurusan dengan makhluk-makhluk itu, Koyomi mengandalkan bimbingan dari Oshino dan kemudian, dari Shinobu, vampir yang dahulu menyerangnya, kini mengambil wujud sebagai gadis berusia delapan tahun.

Meskipun memasukkan unsur fantasi, horor, dan aksi, fokus utama pada percakapan antara karakter, yang berisi parodi, serta permainan kata dan metahumor yang khas dari Nisio Isin.

Light Novel dan Adaptasi Anime

Source: Google Image

Shaft telah berulang kali memproduksi seri anime Monogatari sejak tahun 2009. Musim pertamanya terdiri dari 30 episode yang dirilis sejak tahun 2009 hingga 2012. Musim keduanya terdiri dari 28 episode yang dirilis sejak tahun 2013 hingga 2014. Musim ketiga dan terakhir terdiri dari 42 episode yang dirilis sejak tahun 2014 hingga 2019.

Serial Monogatari terus mendatangkan penggemar baru di seluruh dunia setiap tahun sejak novel debutnya dirilis pada tahun 2005. Untuk penggemar baru mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Alur cerita animenya berjalan dalam urutan yang sedikit berbeda dari light novel. Mari kita lihat secara khusus novel-novel dan di mana harus mulai membacanya untuk pengalaman terbaik.

Dengan tepat, Nisio Isin sering menyebut novelnya seperti di anime. Cara terbaik untuk membaca tujuh novel yang membentuk “Season 1” adalah sebagai berikut:

  • Bakemonogatari 1, 2 dan 3
  • Kizumonogatari
  • Nisemonogatari 1
  • Nisemonogatari 2
  • Nekomonogatari (Kuro).
Source: Google Image

Meskipun kisah Araragi dimulai dengan Kizumonogatari, tempat terbaik untuk mulai membaca LN ini adalah trilogi Bakemonogatari. Memulai dengan Kizu dapat membingungkan pembaca karena dua alasan:

Tidak seperti kebanyakan seri, Kizu memiliki fokus yang lebih berat pada aksi dan lebih cepat, sementara pembaca juga akan disesatkan pada percintaan Araragi di masa depan, karena karakter tersebut tidak muncul di semua di Kizu.

Sementara novel pertama diceritakan dari sudut pandang protagonis (dan sering kali tidak bisa diandalkan), enam novel berikutnya yang membentuk memungkinkan beberapa karakter wanita dan kepribadian mereka yang berwarna-warni mendapat sorotan.

Nekomonogatari , Kabukimonogatari, Hanamonogatari, Otorimonogatari, Onimonogatari, dan Koimonogatari. Ini sedikit berbeda dari garis waktu anime, yang menempatkan Hanamonogatari di akhir Musim 2.

Saat ini 25 volume telah diterbitkan di Jepang dan 18 yang pertama telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Vertical. Novel-novelnya kadang-kadang menyimpang dari urutan kronologis dan pada satu titik bahkan menampilkan kisah perjalanan waktu yang liar.

Share and Enjoy !