Share and Enjoy !

Pada ArKnights Contingency Contract #1 nantinya akan muncul 2 Operator baru yang rilis bersamaan dengan event ini. Operator ini adalah Asbestos dan Tsukinogi, pada artikel kali ini, akan membahas kegunaan kedua operator ini dan apakah mereka layak untuk kalian dapatkan?

Asbestos

, AniEvo ID
Source: Arknights

Profile

Asbestos adalah 5☆ Arts Defender Operator. Penjelajah Rim-Billiton yang terkenal. Direkomendasikan oleh Operator Magallan untuk menerima perawatan di Rhodes Island, dan menandatangani kontrak setelah berdiskusi untuk menjadi operator disana. Setelah pelatihan profesional, dia menggunakan perisai besar yang dimodifikasi sebagai pertahanan di garis terdepan.

Statistik

Redeployment Time : 70

Kebanyakan Operator memiliki waktu Redeployment ( Waktu yang diperlukan untuk di Deploy kembali setelah di Retreat atau mati dipukul musuh ) yang sama seperti kebanyakan operator lainnya.

DP Cost : 21 / 23 / 25 [ Non-Elite / Elite 1 / Elite 2 ]

Cost dari Operator ini sangat mahal, bahkan melebihi Defender Operator pada umumnya.

Attack Interval : 1.6 detik

Attack Interval yang normal, hampir seluruh Operator memiliki Attack Interval yang serupa.

Blok musuh : 3 musuh

Jumlah musuh yang dapat di blok oleh operator ini sama seperti kebanyakan Defender lainnya.

Resistance : 5 / 10 / 15 [ Non-Elite / Elite 1 / Elite 2 ]

Resistance yang jarang dimiliki oleh Defender Operator biasa, hanya ARTs Defender yang memiliki Resistance diatas 0.

Range

, AniEvo ID
Titik putih menandakan dimana Operator tersebut di Deploy

Jangkauan serangan ini biasanya ada pada kebanyakan Defender Operator.

Traits : Serangan normal menghasilkan ARTs Damage saat Skill aktif.

Bagus digunakan sebagai bantuan dari Caster Operator dalam hal ARTs Damage, biasanya role dari Operator ini tidak terlalu sering digunakan dan lebih mengandalkan ARTs Damage yang diberikan oleh Caster Operator. Dan juga, HP dan DEF seorang ARTs Defender biasanya lebih lemah dibandingkan Defender biasa.

Talent :

Moist Skin : Meningkatkan Resistance sebanyak ( 5 / 10 ) dan memulihkan 1 Skill Point saat terkena Arts Damage. [ Talent aktif saat mencapai Elite 1, Resistance akan menjadi 10 saat mencapai Elite 2 ].

Cocok digunakan untuk menahan serangan musuh yang memiliki ARTs Damage, karena jika Defender biasa yang menahan serangan ARTs Damage, jumlah Damage yang diterima akan lebih besar dibandingkan dengan ARTs Defender seperti Asbestos maupun Durnar.

Skills

Safeguard Mode

, AniEvo ID
Source: Arknights

Efek Skill : Menghilangkan ARTs Damage yang diterima pertama kali, dan mengurangi semua ARTs Damage yang diterima saat skill ini aktif.

Saat musuh menggunakan ARTs Damage, Asbestos tidak akan mendapatkan Damage, lalu ARTs Damage yang diterima oleh Asbestos selanjutnya akan berkurang, Operator ini memang lebih berguna jika harus menahan serangan musuh dengan tipe ARTs Damage.

  • SP bertambah setiap : detik.
  • Aktifasi Skill : Manual.
  • SP dibutuhkan untuk aktifasi : 30/29/28/27/26/25/24/23/22/20 SP [ berkurang setiap level skill ].
  • Durasi : 20 detik.
  • SP awal di deploy : 0.

Theral Mode

, AniEvo ID
Source: Arknights

Efek Skill : Attack Speed berkurang, ATK dan DEF meningkat, jangkauan serangan meningkat, setiap serangan akan mengenai musuh di sekitarnya juga.

Attack Speed akan berkurang sebanyak 0.4 detik, dengan meningkatnya ATK dan DEF membuatnya menjadi Operator yang serba guna apalagi jika dikombinasikan dengan Traits miliknya, ia bisa menahan musuh dengan ARTs Damage maupun Physical Damage, dan juga ATK nya meningkat sehingga membunuh musuh dengan DEF yang tinggi menjadi mudah, karena biasanya musuh dengan DEF yang tinggi memiliki RES yang rendah.

Inilah mengapa ARTs Damage diperlukan untuk menangani musuh seperti ini. Dan juga, setiap serangan akan mengenai musuh disekitarnya, hal ini mempermudah pekerjaan Operator lain dalam membunuh musuh yang bergerombol.

Jangkauan Serangan :

, AniEvo ID
Source: Arknights

Jangkauan Serangan saat upgrade skill ke Mastery 1 :

, AniEvo ID
Source: Arknights
  • SP bertambah setiap : detik.
  • Aktifasi Skill : Manual.
  • SP dibutuhkan untuk aktifasi : 60/59/58/57/56/55/54/53/52/50 SP [ berkurang setiap level skill ].
  • Durasi : 40/41/42/43/44/45/46/47/48/50 detik [ meningkat setiap level skill ].
  • SP awal di deploy : 16.

Kesimpulan

Apakah Operator ini layak untuk kalian dapatkan atau di build? Tidak terlalu, jika kalian memiliki Defender yang memiliki HP dan DEF yang tinggi seperti Nian atau Hoshiguma, kalian bisa mengabaikan Operator ini. Tetapi jika tidak, kalian bisa mencoba menggunakan Operator ini, menurut sadmin, Operator ini baru akan terasa efeknya saat mencapai Elite 2 dengan Skill level 7. Pilihan kembali lagi ke tangan kalian.

Tsukinogi

, AniEvo ID
Source: Arknights

Profile

Tsukinogi adalah 5☆ Buffer/Debuffer Supporter. Tidak banyak informasi diketahui tentang Operator ini. Operator ini memiliki tipe Supporter yang sama seperti Pramanix dan Shamare.

Statistik

Redeployment Time : 70

Kebanyakan Operator memiliki waktu Redeployment ( Waktu yang diperlukan untuk di Deploy kembali setelah di Retreat atau mati dipukul musuh ) yang sama seperti kebanyakan operator lainnya.

DP Cost : 10 / 12 / 12 [ Non-Elite / Elite 1 / Elite 2 ]

Cost yang umum dimiliki oleh Buffer/Debuffer Supporter, Operator Pramanix dan Shamare juga memiliki DP Cost yang serupa. Slower Supporter memiliki Cost yang lebih tinggi.

Attack Interval : 1.6 detik

Attack Interval yang normal, hampir seluruh Operator memiliki Attack Interval yang serupa.

Blok musuh : 1 musuh

Jumlah yang umum ditemukan pada Ranged Type Operator.

Resistance : 15 / 20 / 25 [ Non-Elite / Elite 1 / Elite 2 ]

Resistance yang jarang dimiliki oleh Defender Operator biasa, hanya ARTs Defender yang memiliki Resistance diatas 0.

Range

, AniEvo ID
Source: Arknights

Range saat Upgrade ke Elite 1

, AniEvo ID
Source: Arknights

Jangkauan serangan serangan ini biasanya terdapat pada Supporter Operator dengan tipe Buffer/Debuffer, range meningkat saat upgrade ke Elite 1, Supporter dengan tipe Summoner Operator memiliki range yang lebih kecil.

Traits : ATK bertipe ARTs Damage

Semua Supporter akan menghasilkan ARTs Damage, berhubung Tsukinogi adalah Buffer/Debuffer Supporter, keahliannya lebih digunakan di bagian Talent dan Skill.

Talent :

Blessing : Ketika Operator lain dalam jangkauannya memiliki HP dibawah 40%, mendapatkan efek [Shelter] ( mengurangi Physical dan ARTs Damage yang diterima sebanyak 12%, ketika ada tipe efek yang sama, hanya efek yang terkuat yang terpilih ) [ Talent akan aktif saat mencapat Elite 1 ].

Saat Operator ini mencapai Potential 5, efek mengurangi Physical dan ARTs Damage bertambah menjadi 14%.

Saat Operator ini mencapai Elite 2, efek mengurangi Physical dan ARTs Damage bertambah menjadi 18%.

Saat Operator ini mencapai Elite 2 dan Potential 5, efek mengurangi Physical dan ARTs Damage bertambah menjadi 20%.

Efek dari Talent Operator ini sangat berguna untuk mengurangi damage yang diterima oleh Operator dalam range nya, dan meningkatkan lifetime dari Operator lain, bisa dikombinasikan dengan Asbestos maupun Operator Defender lainnya. Intinya Talent ini sangat berguna.

Skills

Traceless

, AniEvo ID
Source: Arknights

Efek Skill : Seluruh Operator yang ada pada Range Tsukinogi akan mendapatkan kemungkinan menghindari Physical dan ARTs damage, dan musuh yang ada pada Range Tsukinogi akan kehilangan efek [Stealth] jika musuh memiliki efek tersebut.

Saat Skill di aktifkan, Operator yang ada pada Range Tsukinogi akan mendapatkan beberapa persen kemungkinan untuk tidak terkena Physical dan ARTs Damage. Dan juga bisa menghilangkan efek [Stealth] milik musuh, efek musuh yang satu ini benar benar mengganggu, jadi dengan adanya Skill ini, [Stealth] musuh bisa menghilang.

  • SP bertambah setiap : detik.
  • Aktifasi Skill : Manual.
  • SP dibutuhkan untuk aktifasi :50.
  • Durasi : 25 / 26 / 27 / 28 / 29 / 30 / 31 / 32 / 33 / 35 detik [ meningkat setiap level skill ].
  • SP awal di deploy : 15 / 16 / 17 / 18 / 19 / 20 / 21 / 22 / 23 / 25 detik [ meningkat setiap level skill ].

Encircling Forest

, AniEvo ID
Source: Arknights

Efek Skill : Berhenti menyerang, Aktivasi Talent yang semula hanya 40% HP meningkat. Efek [Shelter] juga meningkat. Dan juga Operator yang berada pada Range Tsukinogi akan mendapatkan Healing.

Skill ini lebih berfokus pada peningkatan kemampuan Talent secara pesat dari Tsukinogi, lalu Skill ini juga berperan sebagai Healing tambahan.

  • SP bertambah setiap : detik.
  • Aktifasi Skill : Manual.
  • SP dibutuhkan untuk aktifasi : 57 / 56 / 55 / 54 / 53 / 52 / 51 / 50 / 49 / 48 [ berkurang setiap level skill ].
  • Durasi : 15 / 15 / 15 / 16 / 16 / 16 / 17 / 18 / 19 / 20 detik [ meningkat setiap level skill ].
  • SP awal di deploy : 10 / 10 / 10 / 15 / 15 / 15 / 20 / 21 / 22 / 23 [ meningkat setiap level skill ].

Kesimpulan

Apakah Operator ini layak untuk kalian dapatkan atau di build? Ya, sebagai rekomendasi. Jika kalian memiliki Operator Pramanix, role dari kedua Operator ini sangat berbeda, dimana Pramanix lebih berfokus pada Debuf enemy, sementar Tsukinogi lebih berfokus pada Buff Operator. Kedua skill dari Operator ini sangat beguna di kondisi yang berbeda. Meskipun begitu, untuk Mastery Skill lebih disarankan ke Skill Encircling Forest.

Itu saja sedikit informasi mengenai Event Contingency Contract pada game ArKnights ini. Sampai jumpa di topik ArKnights Update selanjutnya!!

Informan: SJW Karen

Oh ya jangan lupa ya untuk support kami dengan Share ke Social Media kamu dan teman-teman kamu. Byee-byeee, Sayonara…

Share and Enjoy !

Write A Comment