Share and Enjoy !

Apakah kamu pernah bermain game atau menonton sebuah film lalu berlarian ke luar, berpura-pura menjadi pahlawan super atau makhluk berkekuatan super dan menyelamatkan  dunia dari kehancuran?

Jika iya, artinya kamu pernah mengalami Chuunibyou.

Apa itu Chuunibyou?

, AniEvo ID
Source: Google Image

Chuunibyou adalah sebuah istilah sehari-hari di Jepang yang diterjemahkan menjadi “sindrom tahun kedua sekolah menengah”, atau juga sering disebut sebagai “sindrom kelas delapan“, setingkat dengan kelas 2 smp sederajat.

Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan para remaja yang memiliki delusi yang berlebihan, yang mana mereka meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka memiliki pengetahuan tersembunyi atau kekuatan rahasia. Istilah ini telah dipopulerkan di manga dan anime seperti Chūnibyō Demo Koi ga Shitai!.

Seseorang yang dikategorikan sebagai chuunibyou akan percaya bahwa mereka berbeda atau lebih penting dalam beberapa hal daripada orang lain, khususnya dalam kelompok umur mereka. Biasanya jenis “chuuni” yang dialami tergantung pada apa yang paling dikagumi lalu meniru tokoh yang dikaguminya itu.

Jenis-Jenis Chuunibyou

, AniEvo ID
Source: Google Image

DQN (dokyun-kei)

Seseorang yang berpura-pura menjadi antisosial. Padahal sebenarnya dirinya sendiri tidaklah bersifat seperti demikian. Para chuunibyou yang bertipe ini sering kali berlagak seperti penjahat.

Sering mengarang cerita seolah dia adalah ketua gangster, atau juga sering terlibat perkelahian. Padahal semua tindakan dan cerita yang diutarakannya hanyalah sebuah fiktif belaka.

Subkultural /Hipster (sabukaru-kei)

Para chuunibyou yang bertipe seperti ini selalu bertindak anti-mainstream. Mereka mempunyai kebiasaan yang berbeda dari lingkungan sekitarnya. Faktanya orang-orang dari jenis ini bisanya hanya berusaha untuk mendapatkan faktor “keren” dengan tidak memiliki minat yang sama dengan orang lain.

, AniEvo ID
Source: Google Image

Evil Eye (jakigan-kei)

Tipe yang ketiga ini sepertinya yang paling banyak. Yakni adalah para chuunibyou yang merasa didalam dirinya terdapat sebuah kekuatan hebat, kekuatan supernatural yang tidak dimiliki oleh orang lainnya.

Kekuatan tersembunyi yang terpendam didalam dirinya. Sebagai contoh misalnya seperti kekuatan mata iblis, dan kekuatan bloodline.

Denpa (denpa-kei)

Dan yang terakhir ini merupakan para chuunibyou yang merasa seperti pahlawan yang kesepian. Merasa dirinya sebagai seorang yang sendirian di dunia. Merasa tidak ada yang setara dengan kemampuan dirinya.

Misalnya mereka mengkhayal bahwa dirinya adalah seorang alien, atau juga jadi reinkarnasi dari orang di dunia lain (isekai), atau juga jadi seorang time traveller, dan sebagainya.

Share and Enjoy !